CATAT: Begini Lho Caranya Mencuci Masker Kain

CATAT - cara mencuci Masker Kain yang Benar agar Virus Hilang. Memakai masker sekali pakai dan langsung buang bikin boros dompet, apalagi di tengah pandemik coronavirus Covid-19 seperti sekarang ini.

Berikut adalah panduan cara mencuci Masker Kain :

1. Cuci Setiap Hari.
Idealnya "Masker kain harus dicuci setelah digunakan," kata seorang ahli alergi dan imunologi."Misalnya, jika Anda pergi ke Pasar dan Mall, Setelah itu harus dicuci saat kembali ke rumah dan sebelum keluar berikutnya." Anda harus membersihkan Masker Anda ke mesin cuci atau cucian Anda setelah setiap kali digunakan.

2. Gunakan Air Panas.
Saat mencuci masker kain anda ingin memastikan untuk membunuh kuman apa pun jadi "Gunakan air panas untuk menghilangkan bakteri dan virus tanpa melemahkan kain," Deterjen atau penghilang noda, air mengalir dan air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius. "Menggunakan cara ini akan membuat masker Anda tetap bersih dan juga cukup lembut untuk memastikan kain akan terlihat bagus dan tetap dalam kondisi bagus lebih lama,"

3. Keringkan di Bawah Sinar Matahari.
Setelah mencuci masker kain, jangan lupa untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari. Dokter penyakit dalam di PlushCare Hilary Lin, mengatakan sinar matahari memiliki kemampuan dalam membunuh mikroorganisme."Teriknya yang menyengat sangat berguna untuk mematikan bakteri," ujarnya.

(Baca Juga: Selama PSBB: Warga Jakarta Wajib Pakai Masker)


4. Gunakan Sabun Laundry Detergent Atau Disinfektan.
Jika Anda tidak memiliki mesin cuci, anda dapat menggunakan wastafel. “Anda bisa mencuci masker kain seperti yang sudah anda lakukan sebelumnya. Kami sarankan menggunakan laundry detergent atau deterjen cuci tangan lainnya, Sabun biasa juga dapat di pergunakan. Pertama "basahi masker dan gosok dengan penuh semangat dengan sabun sehingga Anda memiliki busa," Lalu kemudian merekomendasikan merendam masker dalam air panas dan sabun selama 30 menit dengan suhu minimal 30 derajat celcius. Untuk memastikan anda telah membunuh semua kuman. Kemudian bilas, dan keringkan dengan garis atau keringkan pada permukaan yang sudah disanitasi.

5. Hati-hati Saat Anda Mengeringkan.
“Jika masker kain anda memiliki loop elastis, Anda harus mengeringkannya agar loop ini tidak rusak. Jika Anda memiliki ikatan kain, ini dapat dikeringkan secara teratur di pengering.

6. Wajib Membeli Masker Kain Cadangan.
Idealnya, Anda harus mencuci masker anda setiap kali anda memakainya, Jadi sudah semestinya anda memiliki satu atau dua cadangan masker kain yang dapat anda digunakan kembali. Jika Anda tidak ingin melakukannya, tetapi tidak ingin melakukan banyak cucian setiap hari, cuci masker anda di wastafel setelah setiap acara jalan-jalan juga. berikut daftar masker kain yang tersedia untuk dibeli secara online.

7. Simpan di Tempat Yang Kering.
Setelah selesai mencuci, sebaiknya simpan dulu sebelum pakai lagi. Dianjurkan untuk menyimpannya di tempat yang bersih dan kering.
dan kenapa masker kain wajib disimpan di tempat yang kering karena "Jika masker kain di simpan di tempat yang lembab , tempa ini adalah lokasi favorit bagi bakteri untuk berkembang biak,"

Sekian panduan singkat yang dapat kami berikan untuk menghindari persebaran corona. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan wabah ini dapat segera berakhir ya.

 

Penulis : Ahmad Fatoni

Leave a comment