Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Inilah Kenapa Anak Harus Diajarkan Memakai Pakaian Dalam

Inilah Kenapa Anak Harus Diajarkan Memakai Pakaian Dalam

Terhitung sejak Januari, cuaca terasa sedikit lebih dingin di beberapa bagian di Indonesia. Tapi, apakah mommies pernah memperhatikan pakaian yang digunakan si kecil ketika cuaca sedang dingin dan lembab? Atau, pernahkah mommies terpikir untuk mengajarkan anak-anak mommies memakai pakaian dalam yang proper?


Pada kesempatan kali ini, Flyman Nathalie akan menguraikan kenapa anak-anak harus diajarkan memakai pakaian dalam. Yuk, cekidot, moms~ 


  • Menjaga Bagian Inti anakmu tetap hangat
  • Dilansir dari daily mom, beberapa ahli merekomendasikan agar anak selalu menggunakan pakaian dalam di bulan september sampai bulan mei dikarenakan cuaca agaknya sedikit lebih dingin di bulan-bulan ini. Rekomendasi ini berlaku dari bayi kamu baru lahir loh, moms! Tapi, jangan terlalu repot dengan menggunakan banyak lapisan pakaian yang terlalu tebal, moms! Cukup berikan pakaian dalam yang adem sebelum moms memakaikan baju luar. Mommies juga harus perhatikan kondisi kulit anaknya ya, jika terlihat sedikit biru keunguan di telapak tangan dan kakinya, artinya anaknya sedang kedinginan. 


  • Layering
  • Sama halnya seperti bayi, anak yang sudah lebih besar (toddler, preschoolers) juga perlu dibiasakan dan diajarkan untuk menggunakan pakaian dalam. Alasannya adalah karena ketika anaknya bertambah usia, maka anak akan mulai bertanggung jawab dan memilih pakaiannya sendiri. Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting bagi mommies untuk mengajarkan anaknya tentang pentingnya menggunakan pakaian dalam dan apa-apa pakaian yang pantas dan tidak pantas dikenakan. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, anak akan memiliki pemahaman tentang cara berpakaian yang baik dan benar. 


  • Modesty
  • Kebanyakan anak perempuan senang sekali menggunakan dress di usia-usia tertentu. Meskipun kelihatannya menggunakan dress akan lebih mudah ketika hendak buang air kecil atau tidak memakan banyak waktu saat memakaikannya, memakai dress akan membuat anak moms malu ketika ada teman lelakinya yang iseng mengintip dari bawah roknya. Oleh karena itu, sebagai orang tua, moms bisa menanamkan pentingnya menggunakan pakaian dalam kepada putri kecil moms sehingga hal-hal seperti tadi bisa dihindarkan. 


  • Menghindari Sexual Abuse
  • Meskipun moms saat ini masih dalam proses untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya memakai pakaian dalam, moms juga harus mengajarkan bahwa pakaian dalam tidak hanya berfungsi untuk membantu menghangatkan badan, tetapi pakaian dalam juga berfungsi untuk menghindari sexual abuse. Agar lebih mudah dimengerti oleh anak, moms bisa mengobrol dengan si kecil dengan memberi pengertian sebagai berikut:

    • Apapun yang tertutup oleh pakaian dalam adalah area yang bersifat private dan tidak ada yang boleh menyentuhnya. 
    • Hindari orang yang menanyakan soal bagian private pada anak karena bagian private tidak boleh ditunjukkan atau dibicarakan kepada siapapun. 
    • Ajarkan anak laki-laki dan anak perempuan moms untuk tidak menunjukkan bagian private mereka. Katakan bahwa bagian private tidak seharusnya ditunjukkan di publik. 

    Well, dapat disimpulkan bahwa pakaian dalam memiliki peranan yang penting bagi semua orang. Oleh karena itu, mengajarkan anak tentang peranan pakaian dalam juga tidak kalah penting bagi orang tua.



    Semoga artikel kali ini bermanfaat


    Sampai jumpa di postingan selanjutnya


    Flyman Nathalie - Solusi Pakaian Dalam Keluarga

    Leave a comment

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    All comments are moderated before being published.

    Read more

    Inilah fakta seputar pakaian dalam maternity

    Girls, kalau bahas soal pakaian maternity, nggak akan ada habisnya. Tapi, yang terpenting adalah kenyamanan untuk sang calon mama, bukan? Pakaian dalam adalah basic outfit yang dimiliki semua orang...

    Read more