Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Umur Berapa Anak Harus Pakai Miniset dan Bra?

buah dada jeruk

Umur Berapa Anak Harus Pakai Miniset dan Bra?

Miniset(Training Bra) adalah bra atau bh yang ditujukan untuk anak perempuan yang baru mulai mengalami perkembangan payudara. Miniset menjadi populer pada tahun 1950-an. Sebelumnya, anak gadis hanya mengenakan kaos dalam atau singlet sampai tumbuh buah dada.

Tujuan Miniset

Miniset disebut bra pelatihan (Training Bra) dalam bahasa inggris tidak melatih payudara. Melainkan memberi kamuflase, perlindungan, dan dukungan untuk kuncup dan puting payudara yang lembut. Ini juga dapat membantu anak perempuan menyesuaikan diri untuk mengenakan bra. Miniset juga, bagi sebagian anak perempuan, merupakan ritual peralihan. Dengan mengenakan bra, seorang gadis pada dasarnya mengatakan pada dirinya sendiri (dan siapa saja yang memperhatikan pakaian dalamnya) bahwa dia sedang dalam perjalanan untuk menjadi seorang wanita.
Bra pelatihan hanya cocok untuk anak perempuan yang baru saja mulai berkembang, atau memiliki payudara yang sangat kecil. Gadis yang payudaranya telah berkembang harus mempertimbangkan jenis bra lain, seperti bh cup lembut atau bh berkawat.

Apakah Pelatihan Bra Benar-Benar Diperlukan?

Kembali pada 1950-an, Miniset disebut-sebut oleh dokter sebagai cara untuk mencegah peregangan dan kendur jaringan payudara. Namun, pada kenyataannya, anak perempuan dengan payudara yang baru berkembang memiliki jaringan payudara yang sangat sedikit sehingga dukungan tidak diperlukan. Di sisi lain, bra pelatihan mungkin merupakan kebutuhan psikologis atau memiliki beberapa manfaat dalam melindungi payudara pemula yang sensitif.

Beberapa gadis:

  • Dapat mengembangkan payudara lebih lambat dari rekan-rekan mereka dan mungkin menginginkan bra pelatihan untuk memberikan ilusi payudara yang lebih besar (atau hanya agar pas)

  • Memiliki kuncup payudara yang sangat sensitif dan banyak yang menginginkan Miniset untuk memberikan perlindungan

  • Memiliki puting yang menonjol dan mungkin menginginkan Miniset untuk menciptakan penghalang antara payudara dan baju

  • Pakai gaya atau ambil bagian dalam aktivitas (seperti menari, misalnya) yang membuat bra diinginkan

 

kue cupcake payudara

 

Tahapan miniset dan bra sesuai usia

  1. Mulai pakai miniset di usia pubertas
    Pada umur 8-12 tahun merupakan masa-masa di mana tubuh wanita mengalami perubahan dari dalam maupun di luar. Khususnya bagian payudara, perhatikan timbulnya payudara melalui baju anak Anda. Jika Anda melihat bentuk payudara kecil mulai hadir, Anda bisa memberikan miniset untuk anak beradaptasi memakai bra nantinya. Dengan memakai miniset  anda mengajari anak memakai bra hingga tahap usia matang. Jika puting terlihat lebih muncul, Disarankan miniset dengan lapisan yang tebal dan memiliki busa. Miniset tersebut, dipakai guna menutupi samar-sama puting pada dada anak.

  2. Pada usia 13 sampai 16 tahun, gunakan bra tanpa kawat.
    Disaat ini tahap awal pubertas sudah terlewat, puting pada anak biasanya sudah mulai terbentuk sempurna. Payudaranya pun akan mulai berat dan dan butuh topangan. Di masa transisi ini anak Anda disarankan mulai memakai bra dengan cup yang lebih elastis. Sebaiknya pililah bra dengan kawat elastis atau tanpa kawat guna menopang payudaranya yang mulai berat.
    Makin bertambah usia dan kedewasaan seorang anak, bra yang digunakan juga akan berubah tahapannya. Perhatikan juga tali bra yang anda mau beli. Gunakan bra dengan tali yang bisa diubah ukurannya, karena setiap remaja memiliki ukuran tinggi dada ke bahu yang berbeda-beda.
  3. Beranjak dewasa 16 tahun ke atas, mulai gunakan beha berkawat
    Pada tahap ini buah dada sudah terbentuk sempurna, lebih dan padat. Seterusnya, usia ini wajib disarankan tidak menggunakan bra dengan kawat lunak atau tanpa kawat lagi. BH tanpa kawat atau kawat lunak tidak dapat menopang berat payudara dewasa, jadi gunakanlah bra dengan kawat lebih keras dan busa cup yang tebal. Fungsi busa bukan semata-mata menambah tebal payudara jika dilihat dari luar, tetapi menghindari puting dari gesekan baju luar.

Nathalie Miniset Plain Anak Perempuan 1 Pack Isi 3 Pcs NKM 3170

miniset anak remaja nathalie

2 comments

Saya ingin pesan 2 pack berapa ongkir ke kupang NTT. Kecamatan kota lama

Trisna

Saya ingin pesan 2 pack berapa ongkir ke kupang NTT. Kecamatan kota lama

Trisna

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

celana dalam modal

Kain Paling Lembut: Modal!

Jika Anda mengenakan pakaian yang dikenakan (atau menyentuh apa pun) yang terbuat dari kain modal, Anda pasti langsung tahu mengapa itu kain yang brilian. Jika anda belum pernah, Anda melewatkan se...

Read more
Masker Lagi Langka ini ada Solusinya, Gunakan Masker Kain Aja!
#Masker Kain #CottonMask #MaskerCovid19 #MaskerFlyman #MaskerNathalie

Masker Lagi Langka ini ada Solusinya, Gunakan Masker Kain Aja!

Saat ini ditengah merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) masker menjadi sebuah kebutuhan utama yang sangat diperlukan oleh semua kalangan. Maka dari itu, masker medis dan masker sekali pakai saa...

Read more